Sabtu, 10 November 2012

Kertha Gosa-Semarapura



Nuansa Unik Karisma Kertha Gosa

                   Bali merupakan salah satu pulau yang sarat akan keindahan dan sejarah pariwi-satanya. Salah satunya adalah tempat wisata Kertha Gosa yang terletak di jantung Kota Semarapura, kurang lebih 45 km ke arah timur Kota Denpasar. Bangunan ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Klungkung yang masih bediri kokoh di pusat kota. Di sebelah utara bangunan Kertha Gosa ini terdapat patung Catur Muka yang merupakan tanda perempatan jalan menuju wisata Kertha Gosa. Sementara Di sebelah timur bangunan Kertha Gosa ini terdapat pasar tradisional Klungkung. Pintu masuk utama Kertha Gosa ini berada di sebelah timur bangunan. Dari pintu masuk utama ini kita sudah dapat melihat bangunan-bangunan dengan nuansa ukiran khas Bali.
                   Kertha Gosa terdiri dari dua buah bangunan yaitu Bale Kertha Gosa dan Bale Kambang atau Taman Gili. Bale Kertha Gosa ini terletak di sebelah timur laut Bale Kambang. Bangunan ini dahulu digunakan sebagai tempat peradilan Kerajaan Klungkung. Di ruangan ini terdapat sebuah meja berukir dengan enam buah kursi untuk para penegak hukum yang digunakan pada masa pemerintahan Kerajaan Klungkung. Ada pula kursi yang pada lengannya terdapat ukiran singa merupakan  tempat duduk raja yang bertindak selaku hakim ketua. Kursi yang pada lengannya terdapat pahatan lembu adalah tempat duduk pendeta yang bertindak sebagai ahli hukum serta penasehat raja dalam mengambil keputusan. Kursi yang pada lengannya terdapat pahatan naga adalah tempat duduk yang disediakan untuk para panitera atau pejabat peradilan. Sedangkan untuk orang-orang yang akan diadili duduk dilantai atau bersila dengan sikap yang santun. Selain kursi-kursi tersebut, terdapat juga lima buah patung yang berdiri di pinggir bangunan Bale Kertha Gosa. Pada langit-langit bangunan Bale Kertha Gosa ini terdapat lukisan-lukisan yang menggambarkan suasana di neraka. Lukisan-lukisan ini berasal dari daerah wisata Desa Kamasan, Kabupaten Klungkung. Selain untuk melihat keindahan lukisan tersebut, wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini juga dapat melihat tugu monumen Kerajaan Klungkung yang terletak di sebelah utara Kertha Gosa.
                   Bale Kambang atau disebut juga Taman Gili terletak di sebelah barat daya Bale Kertha Gosa. Disebut Bale Kambang karena bangunan ini dikelilingi kolam yang disebut dengan  Taman Gili, seolah-olah bangunan ini terlihat mengambang di tengah-tengah kolam. Pada kolam tersebut kita dapat melihat berbagai jenis dan ukuran ikan yang ada. Keunikan Bale Kambang ini sama seperti Bale Kertha Gosa yang pada langit-langit bangunan dihiasi dengan lukisan wayang tradisional. Lukisan wayang ini lebih digambarkan pada kehidupan yang sejahtera, berbeda dengan lukisan yang terdapat di langit-langit Bale Kertha Gosa.
                   Di dalam wisata Kertha Gosa ini juga tersedia toilet umum yang dipisahkan antara toilet laki-laki dan toilet perempuan. Toilet ini terletak di sebelah selatan bangunan Bale Kertha Gosa yang berjarak kurang lebih 25 meter.
                   Inilah nuansa unik wisata Kertha Gosa yang sewaktu-waktu dapat kita kunjungi. Selain sekedar sebagai tempat tujuan wisata kita juga dapat mengetahui bangunan bersejarah yang terdapat di Pulau Bali, khususnya di Kota Semarapura ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar